Segelintir dari cerita kehidupanku. Bukankah hidup ini terkadang mirip dengan cerita novel? Bedanya, kisah ini masih terus berlanjut dan terus berlanjut.. so, nikmati alur ceritanya kawan.. "PEZIARAHAN TUK MENJADI SEORANG DON CORLEONE"

Minggu, 01 Mei 2016

KOMITMEN: Kabar GKI PK

Komitmen adalah tekad yang lahir dari perasaan (nurani) yang membentuk perilaku keterlibatan penuh, yang ditunjukkan dengan totalitas diri sepenuhnya. Kehadirannya tidak ditentukan oleh imbalan materi. Ia tidak perlu diatur dan diawasi berlebihan. Ia tidak dapat dibentuk melalui pelatihan-pelatihan. Ia tidak bisa dibangun lewat ancaman dan sanksi.  

Ia hadir sebagai bentuk kualitas seseorang. Ia adalah insan yang bersedia dan selalu melakukan lebih dari yang diminta, diharapkan atau diharuskan oleh prosedur kerja tetap.  Ia akan tetap dapat bekerja meskipun tidak dilihat orang lain. Pantaslah ia berada pada tingkat tertinggi pada skala Maslow, ia adalah altruisme diri.

Ia hanya dapat dibangun dengan cara “diajak rembuk” (penghargaan) sehingga apa yang dihasilkan terasa sebagai “milik bersama”. Bukan melalui “instruksi” atau perintah. Rasa memiliki yang dalam dapat menghasilkan komitmen yang tinggi. Saat ini, bukan zamannya memerintahkan (aturan, sanksi). Sekarang adalah saat di mana setiap orang harus dihargai, diajak rembug agar bangkit rasa memiliki. Bukan perasaan sekedar “kuli”.


Dan jangan lupa. Komitmen dapat membuat orang lain tidak nyaman. Ia akan menghadapi situasi atau tekanan dari pihak lain yang tidak mempunyai komitmen yang tinggi. Ia akan dianggap sebagai “bahaya” yang mengancam.  Komitmen dapat menggerogoti “saling mempercayai” yang salah. Bahkan ia bisa disingkirkan. 


Yahya Wardoyo

Tidak ada komentar:
Write komentar